tulisan

Senin, 25 November 2013

TOPIK 6 PREMI ASURANSI

Pengertian Premi
sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi. Besarnya premi atas keikutsertaan di asuransi yang harus dibayarkan telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan-keadaan dari tertanggung. 
Fungsi Dari Premi
merupakan harga pembelian dari tanggungan yang wajib diberikan oleh penanggung atau sebagai imbalan resiko yang diperalihkan pertanggungan dibuat, kecuali pertanggungngan saling menanggung. Sedangkan mengenai pembayaran premi, biasanya dibayar tunai pada saat perjanjian pertanggungan ditutup. Tetapi jika premi diperjanjikan dengan anggaran maka premi dibayar pada permulaan tiap-tiap waktu angsuran.
Aktuaria Dan Penentuan Tarif

Akturia/aktuaris adalah bagian/orang yang menghitung premi pada asuransi. Fakta yang mempengaruhi penentuan tarif asuransi akan banyak menyangkut unsur – unsur :
1.      Situasi persaingan
2.      Kondisi/struktur perekonomian
3.      Pereturan perundang – undang yang dikeluarkan pemerintah.

Tarif Asuransi

Tarif Asuransi adalah suatu harga satuan dari suatu kontrak asuransi tertentu, untuk orang tertentu, terhadap kerugian tertentu, dan digunakan untuk masa tertentu pula.

Perubahan tarif disebabkan oleh adanya :

1. persaingan
2. perubahan struktur perekonomian
3. adanya pp/uu pemerintah

Dalam menentukan tarif banyak mengandung unsur-unsur :

1. kemungkinan
2. value judgment
3. policy pihak pemerintah

Di Dalam Premi Asuransi Terdapat Beberapa Komponen Biaya, yaitu :
·         Biaya akuisisi, biasanya biaya ini akan diambil dari Premi Asuransi selama 5 tahun pertama. Biaya yang berhubungan dengan penerbitan polis, seperti biaya pemeriksaan kesehatan, pengadaan polis, pencetakan dokumen, biaya operasional, pos dan telekomunikasi, gaji pegawai dan komisi agen
·         Biaya administrasi, seperti halnya pada bank, biaya2 untuk merawat polis dan akan dikenakan selama polis masih aktif
·         Biaya asuransi, biaya yang dikenakan sesuai dengan manfaat proteksi yang diambil. Besarnya dipengaruhi oleh besar Uang Pertanggungan, usia, jenis kelamin dan merokok tidaknya nasabah. Biaya ini akan terus timbul selama manfaat perlindungan diberikan
·         Dana Investasi, dalam unitlink biasanya ada dana investasi ini.

Jenis Tarif Asuransi

• Manual/Class Rate
Yaitu tarif premi yang berlaku untuk semua resiko yang sejenis.

• Merit Rating
Penentuan tarif premi asuransi dimana tiap-tiap resiko dipertimbangkan keadaannya masing-masing digunakan dalam asuransi kebakaran.

Barang yang diasuransikan :

- Barang pilihan (Approved goods)
- Barang bukan pilihan (Non-Approved goods)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar